Pemalang Tak Lelah Perangi HIV–AIDS



KABARPEMALANG.COM - Upaya memerangi penyakit HIV-AIDS di wilayah Kabupaten Pemalang, tak  pernah surut langkah. Berbagai pihak yang peduli sepakat bertindak serentak dalam rangka menanggulangi penyakit yang hingga kini belum ditemukan obatnya itu.

Salah satu bentuk konsolidasi sekaligus koordinasi para pihak yang terlibat upaya penanggulangan adalah pertemuan yang digelar di Balroom Winner, Kamis (13/4). Pertemuan bertajuk “Pengendalian HIV-AIDS dengan Pelayanan Konfrehensif Berkelanjutan (LKB) diikuti petugas dari 5 Puskesmas dan RSU Dr M Ashari.

Dua nara sumber hadir dalam acara ini. Masing-masing dr Sri Widayanti dari RSU Dr M Ashari Pemalang dan Edi Purwanto, dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jateng.

Dalam pertemuan yang dibuka Kabid Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Pemalang, H Mamid, dibahas secara detail ihwal pelaksanaan penanganan penderita di tingkat pelayanan Puskesmas. Hingga penanganan rujukan ke rumah sakit serta sistem pengadministrasian data pasien maupun langkah penanganan secara medis.

Menurut H Mamid, pertemuan yang diselenggarakan merupakan tindak lanjut dari serangkaian upaya penanggulangan yang telah ditempuh dalam rangka memerangi penyakit HIV-AIDS. Jumlah penderita HIV-AIDS positif di Pemalang menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun.

“Karena itu kita perlu melakukan langkah terapan, yakni pelayanan komprehensif berkelanjutan,” jelasnya. (Ruslan Nolowijoyo).

0 comments

Post a Comment