Harus Terjamin Keamanan Makanan Untuk Konsumsi



KABARPEMALANG.COM – Olahan makanan yang akan kita konsumsi sehari-hari keamanannya  harus terjamin karena bisa menimbulkan dampak bagi kesehatan selain bisa memberikan dampak sosial dan ekonomi masyarakat.

Kabid Pelayanan Kesehatan (Yankes)  Dinas Kesehatan, Akhmad Sarifudin, SKM, MM mengingatkan melalui materi yang dibawakan dalam acara “Sosialisasi dan Penyuluhan Keamanan Pangan Dalam Rangka Pemberian Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga’ yang digelar di Aula Dinas Kesehatan (Dinkes) Jaklan H Samanhudi 12, Kamis (13/4) pekan lalu.

Potensi pencemaran makanan, menurut dia, sudah bermula dari lahan pertanian hingga makanan tersebut siap dikonsumsi (from farm to table). Bahan pangan sejak di lahan sudah tercemar residu pestisida dan bahan kimia lainnya. Termasuk dalam hal penggunaan bahan kimia berbahaya seperti borak, formalin dan zat pewarna textil. Yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia.

Mengingat pentingnya masalah keamanan pangan tersebut, menurut dia, para produsen makanan harus lebih memperhatikan ihwal kebersihan bahan baku, proses pengolahan hingga sanitasi dimana produksi dilakukan.

Berkaitan dengan perijinan bagi industri rumah tangga (IRT), lanjut Akhmad Sarifudin, perlu dimiliki pemngusaha. Sebab, keberadaan ijin tersebut akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi konsumen.

“Dengan memiliki ijin usaha konsumen akan merasa aman serta nyaman mengkonsumsi produk yang dibeli,” jelasnya seraya menambahkan sistem pengamanan pangan perlu diperketat demi melindungi konsumen.

Sosialisai penyuluhan keamanan pangan diikuti 40 peserta dari 14 kecamatan terdiri dari Dharma Wanita, TP PKK Kecamatan, perwakilan kecamatan, petugas Disperindagkop dan kantor perijinan.

Selain Kabid Pelayanan Kesehatan Akhmad Sarifudin memnyampaikan materi seputar ‘Peraturan dan Sistem Pengawasan Kemanan Pangan’, juga disampaikan materi “Pedoman Pemberian Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT)’ oleh Casmitun, SKM dan materi “Cara Produksi Pangan yang Baik untuk Industri Rumah Tangga” oleh Diah Ayu, S.Si, APt, MPh. Keduanya dari Bidang Yankes.

Mengakhiri penyajian materinya, Kabid yankes Akhmad Sarifudin berpesan agar para produsen makanan harus lebih berhati-hati karena selain ada pengawasan yang ketat juga ada UU Konsumen yang harus dipatuhi.(Ruslan Nolowijoyo)

0 comments

Post a Comment