80 Santri Ikuti Khotmil Qur’an di Ponpes Bahrul Ulum




KABARPEMALANG.COM – Sebanyak 80 santri Pondok Pesantren (Ponpes) Bahrul Ulum mengikuti Khotmil Qur’an dan Juz ‘Amma yang puncaknya digelar dengan acara Haflah Akhirussannah dan Khotmil Qur’an di Kompleks Ponpes Bahrul Ulum, Jalan Dieng No. 30 Sirandu Pemalang, Sabtu malam (13/5).

Para santri tersebut berhasil menyelesaikan pembelajaran dengan 5 kategori. Masing-masing Khotmil Al Qur’an Bil Ghoib (30 Juz); Khotmil Al Qur’an Bin Nadzor; Khotmil Juz ‘Amma Bil Ghoib dan Khotmil Al Qur’an Bin Nadzor; Khotmil Juz ‘Amma Bin Ghoib.

Untuk Khotmil Al Qur’an Bil Ghoib (30 Juz), diikuti sseorang santri putri asal Kabupaten Tegal. Sedangkan Khotmil Al Qur’an Bin Nadzor diikuti 10 santri, masing-masing 5 santri putra dan 5 santri putri. Khotmil Juz ‘Amma Bil Ghoib dan Khotmil Al Qur’an Bin Nadzor diikuti 28 santri yang terdiri dari 7 santri putra dan 21 santri putri. Sementara untuk Khotmil Juz ‘Amma Bil Ghoib diikuti 41 peserta yang terdiri dari 14 santri putra dan 27 santri putri.

Selain santri asal Pemalang, berdasarkan data para peserta Khotmil Qur’an berasal dari berbagai daaerah diluar Kabupaten Pemalang, seperti halnya Kabuaten Brebes, Kabupaten Tegal, Pekalongan, Purbalingga, Semarang, Lampung dan daerah lainnya.


Seperti disampaikan K Deddy Anandiawan, SPd I selaku pengasuh Ponpes Bahrul Ulum kepada kabarpemalang.comdi sela kesibukannya jelang pelaksanaan acara. Para santri berasal dari beberapa daerah tetangga sekitar Kabuaten Pemalang dan daerah lain yang letaknya relatif jauh seperti Semarang serta Lampung dan Kalimantan.

Jumlah santri yang menuntut ilmu di Bahrul Ulum menurut dia ada 280 orang. Mereka terdiri dari pelajar SMP/MTS dan SMA/MA/SMK.

“Semua santri yang belajar disini masih berstatus sebagai pelajar sekolah formal, setingkat SMP dan SMA,” jelasnya.

Menurut dia, dalam rangka pelaksanaan Khotmil Qur’an pihak panitia melaksanakan serangkaian kegiatan. Diantaranya Lailatul Muwadda’ah yang dilaksanakan pada hari Rabu (10/5). Kemudian Sema’an Al Qur’an pada Jumat 12 Mei. Dilanjutkan Ziarah ke Makam Sesepuh di Pemakaman Mantepan.

Puncak acara Sabtu 13 Mei, kreasi seni para santri ditampilkan dalam Pagelaran Seni Budaya. Prosesi Khotmil Qur’an berlanjut dengan Pengajian Umum dengan pembicara KH Fahrul Qosidi dari Kota Kendal.

Pondok Pesantren Bahrul Ulum didirikan oleh almarhum KH Slamet Zaeny pada tahun 1992. Saat ini dikelola oleh dua pengasuh. Masing-masing K. Deddy Anandiawan,SPd I (putera alm KH Slamet Zaeny) dan KH. MT Ulul Albab, SPd I (putera menantu). (Ruslan Nolowijoyo)

0 comments

Post a Comment