Kuliner Pemalang - Bakso Balungan Kebon Pelem, Maknyus

Kabar Pemalang - Berbicara tentang kuliner Pemalang seakan tak ada habisnya. Satu jenis makanan saja kita bisa memilih tempat mana yang menjajakan kuliner yang sama tetapi sesuai dengan pertimbangan kita. Misalnya soal harga, tentu salah satu pertimbangan kita menyantap kuliner adalah keadaan kantong. Berikutnya soal lokasi. Jauh dekatnya tempat menjadi salah satu alasan kenapa kita menyediakan waktu untuk berkunjung ke lokasi tersebut. Kenyamanan juga menjadi komponen penting bagi kita dalam mempertimbangkan kunjungan ke salah satu penjaja kuliner. 

Bakso Balungan Kebon Pelem

Tapi yang utama jika kita membahas soal kuliner adalah soal rasa. Rasa menjadi hal terpenting dalam pemilihan kuliner yang akan kita santap. Beberapa alasan di atas akan gugur jika sudah ngomongin soal rasa yang diberikan dari sajian kuliner. 

Salah satu sudut Bakso Balungan Kebon Pelem
Beberapa waktu lalu kami sengaja mampir di salah satu penjaja kuliner bakso balungan, tepatnya di Bakso Balungan Kebon Pelem yang terletak di Desa Sewaka Kecamatan Pemalang. Berada di pinggir jalan utama Pemalang menuju ke selatan (Purbalingga dan Purwokerto), tempat kuliner ini sangat cocok untuk kalian yang datang bersama keluarga atau dengan teman-teman. Kapasitasnya cukup besar, bisa menampung 100-an pengunjung. Selain luas, seperti namanya, tempat kuliner ini memang dikelilingi dengan beberapa pohon pohon pelem atau mangga. 

Kami pesan satu porsi Bakso Balungan dan jus sirsak. Bakso balungan disajikan dalam sebuah mangkuk. Hidangannya sendiri tidak disertai dengan mie melainkan bakso dan beberapa potong balung/tulang. Jangan salah sangka dulu yah, balungan atau tulang bukan berarti kita menyantap tulang melainkan menyantap daging yang masih melekat dalam tulang. Potongan tulang berjumlah kurang lebih empat potong berukuran sedang. Didalamnya diberi potongan tomat dan potongan daun bawang sedangkan di atasnya ditaburi bawang goreng yang menambah tampilan Bakso Balungan semakin menggugah selera. 

Ketika kami mencicipi kuahnya, terasa sangat segar dan komposisinya sangat pas. Tekstur daging yang melekat dalam tulang pun sangat lembut dan mudah untuk dipisahkan dari tulangnya. Beralih ke baksonya terdiri dari empat potong bakso berukuran sedang. Tingkat kekenyalan dan rasa baksonya sangat pas. Kuliner ini menurut saya sangat recommended sesuai uraian kami di atas. Untuk jus sirsaknya sendiri juga enak. 

Selain bakso balungan tersebut, di sini juga disediakan aneka kuliner pemalang lainnya seperti Iga Bakar, Sop Iga, Sop Buntut Sapi, Sumsum Kaki Sapi, dan anek kuliner lainnya. Pokoknya banyak pilihan deh pokoknya. 

Berapa sih harga makan yang ada di sini? Satu porsi Bakso Balungan dibanderol dengan harga Rp 28.000 sedangkan Jus Sirsak dibanderol dengan harga Rp 10.000. Jika kalian ingin tambah dengan mie kalian harus membayar Rp 2.000. 

Kami puas makan di sini, rasa memang tidak bakal bohong. Sebagai tambahan, selain tempat untuk makannya luas, di sini juga menyediakan lahan parkir yang lumayan luas. 

Sebagai panduan kalian sebelum mampir di Bakso Balungan Kebon Pelem ini, kami sajikan daftar menu dan harganya, sebagai berikut:

Bakso : Rp. 12.000/porsi
Balungan : Rp 28.000/porsi, Rp 20.000/setengah porsi
Bakso Balungan : Rp 28.000/porsi, Rp 20.000/setengah prosi
Ayam Kampung Bakar/Goreng : Rp 30.000
Iga Bakar/Kecap : Rp 50.000
Sop Buntut Sapi : Rp 50.000
Sop Iga Sapi : Rp 40.000
Sumsum Kaki Sapi : Rp 40.000
Soto Ayam : Rp 8.000
Nasi/Lontong : Rp 3.000/porsi, Rp 2.000/setengah porsi

Es Wedang Tape : Rp 7.000
Es Kelapa : Rp 12.000-15.000
Aneka Jus : rp 10.000-12.000
Teh Poci : Rp 10.000
Teh Tawar : Rp 3.000
Soda Gembira : Rp 12.000
Soda Jeruk : Rp 12.000

Bakso Balungan Kebon Pelem
Jalur Utama Pemalang-Purbalingga/Purwokerto
Desa Sewaka, Kwcamatan Pemalang
Jam Buka 10.00-21.00 WIB




0 comments

Post a Comment