Cegah Hoax dan Paham Radikal Tim KKN Undip Gelar Diskusi Dengan Pemuda

Kabar Pemalang - Hoax atau berita bohong kita tahu begitu gencar akhir-akhir ini pun dengan paham radikal. Kedua hal tersebut disebarkan melalui teknologi salah satunya melalui media sosial. Salah satu upaya untuk menangkal hoax dan paham radikal ini adalah melalui literasi digital kepada masyarakat. Bersama pemuda Desa Kertosari dan Relawan TIK Pemalang, TIM KKN Undip menggelar acara nonton bareng film "Lentera Maya" dan diskusi tentang "Hoax dan paham radikal". Kegiatan yang dihadiri kurang lebih 30 peserta ini dilaksanakan di Balai Desa Kertosari, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang pada hari Jumat (28/07/2017). 
Mia Maulyda, Mahasiswa KKN UNDIP

Mia Maulyda mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik menjadi pembicara pertama dengan materi hoax. Mia memberikan pemahaman kepada para pemuda tentang hoax dan bagaimana sikap sebagai generasi muda dalam menanggapi terhadap banyaknya hoax yang bertebaran di dunia maya.  

Pembicara selanjutnya adalah Christian Silitonga mahasiswa Jurusan Hubungan Internasional yang memberikan wawasan kepada para peserta tentang paham radikal dan sikap pemuda terhadap paham radikal yang berkembang di lingkungannya. Di akhir pemaparannya, Christian mengajak para peserta untuk berdiri dan menyanyikan lagu "Padamu Negeri". 

Kegiatan dilanjutkan dengan menonton film "Lentera Maya" yang mengangkat tema tentang hoax dan paham radikal. Peserta tampak antusias menonton film dokumenter dari ICT Watch tersebut.

Kegiatan semakin hangat ketika memasuki sesi diskusi. Para peserta turut aktif memberikan pertanyaan dan tanggapan mengenai tema yang diangkat. 

Kegiatan yang dimulai pukul 20.00 WIB dan berakhir sekitar 21.30 WIB ini dihadiri oleh Kepala Desa Kertosari, Perwakilan Relawan TIK Pemalang, Para Pemuda Desa Kertosari, Pemuda Desa Pamutih dan Pemuda Desa Samong.

Diharapkan kegiatan seperti ini juga diikuti oleh pemuda-pemuda desa lain untuk menyikapi tentang perkembangan teknologi yang semakin berkembang agar dimanfaatkan secara positif dan produktif. (Massol)




0 comments

Post a Comment