Pengobatan Massal Ternak di Pemalang


Petugas melakukan pengobatan di dalam kandang

KABARPEMALANG.COM – Untuk mengantisipasi kemungkinan berjangkitnya penyakit pada hewan ternak yang dibudidayakan petani, Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Pemalang menerjunkan sebuah tim kesehatan untuk melakukan pengobatan massal ternak kambing maupun sapi dan kerbau.

Tim yang dipimpin langsung Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan Distan, Ir Joni, M Kes, melakukan kegiatan pengobatan dan penyuluhan kepada para peternak di beberapa wilayah kecamatan.

Salah satu kegiatan yang dilakukan terkait upaya penyehatan hewan ternak dilaksanakan pada hari Rabu 26 April di Desa Penggarit Kecamatan Taman. Selain melaksanakan pengobatan bagi ternak kambing di desa yang juga dikenal sebagai sentra buah mangga itu Tim Kesehatan Hewan juga memberikan penyuluhan kepada para peternak yang tergabung dalam Kelompok Tani Ternak “Sido Makmur”.

Sebagaimana disampaikan Kabid Peternakan Dan Kesehatan Hewan, Ir Joni, M Kes, melalui Kasi Kesehatan Hewan Ir Indri Agustiani, pengobatan massal yang diberikan berupa pengobatan penyakit gudhik (scabies), pengobatan dengan salep mata serta pemberian vitamin dan obat cacing.

“Selain pemberian obat cacing dan vitamin kami juga memberikan salep mata dan pengobatan scabies atau gudhik yang diderita beberapa ekor kambing,” jelas dia di ruang kerjanya Kamis (27/4).

Dikatakan Indri, di Desa Penggarit terdapat 90 warga pemilik ternak kambing yang tergabung dalam Kelompok Ternak “Sido Makmur,”. Ternak kambing yang jumlahnya mencapai 870 ekor milik mereka dipelihara dalam 47 kandang sehat yang jauh dari rumah tinggal.

Menurut dia, selain pelaksanaan pengobatan massal ternak kambing di Penggarit, Tim Kesehatan Hewan juga telah melaksanakan tugas yang sama baik untuk ternak kecil (kambing) maupun ternak besar (kerbau dan sapi) di sejumlah lokasi.  
 
Penyuluhan bagi peternak kambing Penggarit
Antara lain di Desa Gunung Jaya Kecamatan Belik, Wanarata Kecamatan Bantarbolang, Karangbrai di Kecamatan Bodeh, Kebagusan Kecamatan Ampelgading dan Dusun Pesalakan Desa Pegongsoran Kecamatan Pemalang untuk ternak sapi dan kerbau. Tim juga melaksanakan tugas pengobatan untuk ternak kambing di Desa Datar Kecamatan Warungpring, Klareyan Kecamatan Petarukan dan Dusun Gereja di Desa/Kecamatan Pulosari.

Berternak merupakan usaha sampingan yang ditekuni warga desa yang bermatapencaharian pokok sebagai petani. Karena berkegiatan di lahan setiap harinya tidak jarang dari mereka berhalangan hadir ketika dilaksanakan pertemuan untuk penyuluhan. Namun rata-rata para peternak mengikuti penyuluhan dengan antusias meski hanya sebagian anggota kelompok yang  datang.

Kendati mengumpulkan peternak untuk diberi penyuluhan bukan perkara gampang, namun petugas Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan tetap menyemangati para peternak. Apalagi dalam penyuluhan seperti yang dilaksanakan di Penggarit kemarin, Ir Joni memberikan materi penyuluhan secara langsung kepada peternak. Dan peternak yang hadir pun mengakui banyak hal yang bisa diserap untuk menunjang kegiatan berternak agar lebih maju.

Kegiatan pengobatan hewan melibatkan tim medis yang didukung 3 orang dokter hewan. Masing-masing drh Agus Dalwan, drh Agus Faqizal dan drh Abdul Mutholib. Ketiga dokter hewan tersebut dibantu Tarsono, seorang mantri hewan yang bertugas di Kecamatan Pemalang. Menurut Indri, Kelompok Ternak “Sido Makmur” Desa Penggarit saat ini tengah disiapkan untuk mengikuti Lomba Kelompok Tani Ternak tingkat provinsi tahun ini. (Ruslan Nolowijoyo).

0 comments

Post a Comment