Rampung, Try Out Pra-US SDN 04 Mulyoharjo



KABARPEMALANG.COM – Latihan ujian atau try out dalam rangka menghadapi pelaksanaan Ujian Sekolah (US) yang bakal digelar 15 - 20 Mei mendatang, telah rampung diselenggarakan di SDN 04 Mulyoharjo, Pemalang.

Try out diikuti 66 peserta didik yang terdiri dari 33 siswa laki-laki dan 33 siswa perempuan. Dilaksanakan sesuai jadual, mulai tanggal 25 hingga 27 Mei di kampus Jalan Pemuda. Latihan ujian dilaksanakan dengan tertib dan lancar mulai pukul 07.30 hingga pukul 09.30.

Menurut Kepala SDN 04 Mulyoharjo, Johan Rusadi, SPd, MPd, selama pelaksanaan try out, kegiatan belajar mengajar (KBM) untuk Kelas 1 sampai Kelas 5 dimulai setelah latihan ujian selesasi, yakni pukul 10.00. Jeda waktu setengah jam, menurut dia, dimanfaatkan untuk persiapan para guru yang bertugas menjaga latihan ujian di sekolah lain.

Menurut Johan Rusadi, mata ujian untuk US sesuai standar provinsi adalah Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA. Namun berdasarkan pada standar tingkat kabupaten masih ada 8 mata ujian yang harus ditempuh peserta. Yakni Pendidikan Agama, IPS, Olahraga, PKN, Seni Budaya & Ketrampilan (SBK), Baca Tulis Al Qur’an (BTQ), Bahasa Jawa, Bahasa Inggris.

“Dari delapan mata ujian tersebut terdapat mata ujian yang  melalui praktek, atau tidak tertulis. Yakni Olahraga dan SBK,” jelasnya.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya menjelang dilaksanakan ujian pihak sekolah selalu mempersiapkan ubarampe agar ujian yang dilaksanakan berbuah kesuksesan.

Johan Rusadi menyampaikan ihwal kesiapan sekolahnya menghadapi US. Diantaranya menambah materi dengan menyelenggarakan les bagi siswa Kelas 6 yang akan mengikuti ujian.

“Kami laksanakan les tiga kali dalam seminggu,” jelasnya seraya menyebutkan penyiapan buku-buku kumpulan soal sebagai tambahan materi pembelajaran.

Try out digelar untuk tingkat dabin, kecamatan dan tingkat kabupaten. Tidak kalah pentingnya pihak sekolah menggeklar doa bersama (istiqozah) selain melaksanakan sosialisasi bagi orang tua siswa.(Ruslan Nolowijoyo).

0 comments

Post a Comment