SDN 1 Kebondalem Juara Tari FLS2N


KABARPEMALANG - Regu tari dari SDN 1 Kebondalem berhasil meraih gelar Juara 1 untuk Tari Kreasi Baru dalam Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat UPPK Pemalang. Gelar juara tersebut diraih dalam lomba yang diselenggarakan di Aula SDN 1 Kebondalem, Rabu (19/4) kemarin.

Dalam lomba yang tersebut tiga siswi SDN Kebondalem 1 berhasil menjadi juara melalui sajian tari ‘Obor Santri’. Ketiga siswi itu masing-masing Mairina A (Kelas3), Syahidah Ulia Amanina (Kelas 5) dan Rizka Claeresta (Kelas 2) berhasil menampilkan gerakan tari yang atraktif memukau dan menjadikannya penampil dengan nilai terbaik.

Ihwal tari yang dibawakan tersebut,menurut pelatih yang juga guru SDN 1 Kebondalem, Mei Fitrianika, SPd, memiliki filkosofi yang edukatif berkaitan dengan keberadaan peserta didik. Yakni menggambarkan tentang kepedulian sosial yang harus ditanamkan di kalangan siswa secara dini.

“Tari Obor Santri juga menggambarkan satu ajakan untuk penanaman budi pekerti secara dini selain pemaknaan nilai keagamaan sebagai obor sehingga siswa bisa membedakan mana yang baik serta mana yang tidak baik,” jelas Mei Fitrianika di ruang guru SDN 1 Kebodalem, Kamis (20/4).

Tiga siswi yang menjadi penari, menurut dia, merupakan siswi yang sudah berlatih di sanggar tari sehingga tidak mengalami kecanggungan tatkala tampil dalam lomba.

Berkaitan dengan keberhasilan siswanya dalam FLS2N tingkat UPPK Pemalang, Kepala SDN 1 Kebondalem, Cipto Wibowo, SPd, menilai adanya komitmen yang cukup kuat dari para guru terutama yang melatih untuk bisa tampil terbaik dalam sebuah lomba, dalam hal ini FLS2N.

“Jadi semua saling mendukung baik guru, pelatih maupun tim karawitan yang ikut dalam pelaksanaan lomba selain ketiga siswi kami memang punya bakat,” kata dia terpisah di ruang kerjanya.

Selanjutnya dia berharap untuk kedepan pembinaan bakat minat siswa di bidang seni seyogianya terus diintensifkan. Sebab tidak tertutup kemungkinan siswa berbakat berhasil meraih prestasi yang akan membawa nama baik sekolah maupun nama daerahnya. (Ruslan Nolowijoyo).

0 comments

Post a Comment