Sambut Hari Pramuka Ke-56 Kwartir Ranting 02 Comal Gelar Kegiatan Pramuka di Desa Gintung

Kabar Pemalang - Memperingati Hari Pramuka Ke-56, Kwartir Ranting 02 Comal menggelar kegiatan Pramuka yang dipusatkan di Lapangan Desa Gintung. Kegiatan yang rutin diselenggarakan setiap setahun ini dilaksanakan hari Jumat tanggal 11 Agustus hingga hari Sabtu tanggal 12 Agustus 2017.


Penyerahan piala bagi para pemenang
Ratusan peserta dari Gugus Depan tingkat SD se Kecamatan Comal (se Daspeng III, IV, dan V) hadir mengikuti kegiatan ini. Mereka berasal dari 17 Desa dan satu kelurahan yang berada di wilayah Kecamatan Comal.

Aneka kegiatan dan lomba diadakan selama dua hari pelaksanaan kegiatan. Adapun kegiatannya adalah lomba pioneering (perlombaan membuat hasta karya berbahan dasar tongkat dan tali Pramuka), lomba pasukan baris-berbaris, pentas seni, kegiatan kerohanian, cerdas cermat, hiking, kerapihan tenda dan serta kegiatan lain diantaranya kegiatan lintas alam menyusuri lingkungan pedesaan dengan menggunakan tanda-tanda jejak.

Masing-masing Gudep unjuk kebolehan dalam pentas seni yang diselenggarakan. 
Mulai dari seni tari, seni deklamasi, menyanyi, monolog, drama, dan lain sebagainya. Tidak hanya kesenian dari Jawa Tengah melainkan dari daerah lain seperti Bungong Jeumpa, Manuk Dadali, Apuse. Serta kesenian modern seperti dance dengan iringan lagu “Kun Anta” dan lagu barat. Lagu “Kun Anta” yang dibawakan oleh Humood Othman AlKhudher, seorang penyanyi asal Kuwait, beberapa kali dipentaskan dalam lomba pentas seni ini. Yang cukup unik dari yang lainnya adalah pentas monolog yang menceritakan Kabupaten Pemalang dan dialeknya. Juga ditirukan dialek Pemalang yang cukup kental yang berbeda dari dialek yang digunakan oleh warga asli Comal. 

Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari pemerintah, warga dan pemuda Desa Gintung. Warga membuka pintunya bagi para peserta untuk keperluan mandi dan keperluan lainnya. Sedangkan para pemuda dari Karang Taruna Desa Gintung membantu dalam pengaturan lalu lintas, keamanan dan ketertiban. 

Untuk mengantisipasi para peserta yang mengalami masalah kesehatan, sudah disediakan Puskesmas Sarwodadi yang berjarak tidak jauh dari lokasi kegiatan. 

Sumber: http://gintung.desakupemalang.id/2017/08/hut-pramuka-ke-56-tahun-2017-daspeng-iii-iv-dan-v-kwartir-ranting-02-comal/





0 comments

Post a Comment