SMAN 1 Pemalang Juara 3 LCC 4 Pilar MPR RI 2017

Kabar Pemalang - Tim SMA N 1 Pemalang berhasil menyabet juara ketiga dalam Lomba Cerdas Cermat 4 Pilar MPR RI 2017. Di babak Grand Final yang berlangsung di Wisma Nusantara 4, Komplek Parlemen Senayan, Jakarta pada Jumat (18/8/2017) ini Tim dari SMAN 1 Pemalang menempati posisi ketiga di bawah SMAN 3 Tenggarong perwakilan Provinsi Kalimantan Timur sebagai juara pertama dan SMAN 3 Polewali Mandar yang mewakili Provinsi Sulawesi Barat yang menempati juara kedua.

Penyerahan secara hadiah dan piala oleh MPR RI. Foto Primagung Dary Riliananda
Pada awal lomba (Grand Final) mereka sempat menempel ketat perolehan poin Tim SMAN 3 Tenggarong namun perolehan di babak kedua dan ketiga yang kurang optimal menempatkan mereka di bawah SMAN 3 Polewali Mandar. 

Lomba ini dihadiri para pimpinan MPR, termasuk Ketua MPR Zulkifli Hasan dan Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid. Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar MPR ini merupakan salah satu metode sosialisasi empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara, yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika.

Jumlah peserta terdiri 34 tim mewakili 34 provinsi di Indonesia. Untuk sampai di babak Grand Final SMAN 1 PEmalang yang mewakili Provinsi Jawa Tengah telah melewati fase penyisihan (34 peserta), semifinal (18 peserta), dan final (9 peserta). Untuk materinya ya berasal dari empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara tadi (pancasila, uud 45, nkri, dan bhinneka tunggal ika). Kegiatan LCC sendiri berlangsung dari tanggal 9 hingga 18 Agustus 2017.

Untuk mencapai tingkat nasional masing-masing tim melewati seleksi tingkat karesidenan dan tingkat Provinsi. Tim dari SMAN 1 Pemalang yang diisi oleh sepuluh siswa yaitu Edy Nuswantara Putra, Muhammad Sulton Asofyan, Shafa Tasya Kamila, Ainun Nafisah, Tizal Madani, Herkin Yossyafaat, Aulia Ainun Ayumi, Tiara Cittena Salsabila, Dian Esti Laella Sari, Rifdah Arsa Sekar Buana berhasil melewati seleksi tingkat karesidenan dan provinsi.  (Trimoko Pamungkas)

0 comments

Post a Comment