Warga RW 1 Paduraksa Potong 8 Hewan Kurban


KABARPEMALANG – Dalam rangka Idul Adha 1438 H, Jumat (1/9) kemarin warga lingkungan RW 1 Kelurahan Paduraksa, Kecamatan/Kabupaten Pemalang, memotong 3 ekor sapi dan 5 ekor kambing.

Selain untuk warga setempat, daging hewan kurban tersebut dibagikan kepada warga dari luar lingkungan termasuk anak yatim, kaum duafa dan para tukang becak dan buruh pasar.

Seperti disampaikan Ketua RW 1 Riswono selaku penanggungjawab pelaksanaan kurban, daging ke-8 hewan kurban dibagi menjadi 557 bagian yang langsung diserahkan kepada para penerima oleh panitia pelaksana.

“Jadi daging yang telah dibagi menjadi 557 bagian langsung kami bagikan untuk para penerimanya,” jelas dia di lokasi pemotongan kemarin.

Untuk warga di 3 lingkungan RT dibagikan 262 bagian, jelasnya. Pelaksanaan pembagiannya didrop di masing-masing ketua RT sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya antrian jika warga mengambil sendiri di lokasi pemotongan. Rincian untuk 3 lingkungan RT adalah 86 bagian (RT 01), 100 bagian (RT 02) dan 76 bagian untuk RT 03.

“Warga tinggal mengambil daging di rumah ketua RT masing-masing, kalau tidak dengan cara ini kami bisa repot dan kewalahan melayani ratusan warga sekaligus,” kata Riswono usai mengantarkan langsung daging jatah warga ke rumah 3 ketua RT dengan kendaraan pik-up bak terbuka.


Selain untuk warga di tiga RT yang ada, imbuh dia, ada 42 bagian diperuntukkan bagi warga diluar lingkungan RW 1, 55 bagian untuk panitia, 70 bagian untuk anak yatim. Selebihnya untuk peserta atau penyedia hewan kurban, lembaga PAUD dan penerima lainnya.

Riswono menambahkan, pada awalnya diagendakan 4 ekor sapi untuk dipotong. Akan tetapi seekor sapi dialihkan pemotongannya ke lokasi lain mengingat untuk lingkungan RW 1 sudah terpenuhi dengan 3 ekor sapi dan 5 ekor kambing.

Pelaksanaan pemotongan hewan kurban hingga pembagian daging dan penyerahannya kepada yang berhak dilaksanakan panitia yang dibentuk dengan 55 anggota. Namun yang pasti pelaksanaan pemotongan hewan kurban berjalan lancar setiap tahunnya berkat kerukunan dan kebersamaan warga. (Ruslan Nolowijoyo).

0 comments

Post a Comment